Support From West Melanesia Independence For Free West Papua, Maluku, and Flores. Diberdayakan oleh Blogger.
Hai, Anak Muda Melanesia Barat, Membaca & Menulislah ! " Jika umurmu Tak Sepanjang Umur Bumi, Sambunglah Dengan Tulisan " !
Filled Under: , , , , , , , , , , ,

MITOLOGI MELANESIAN

Share
Selamat datang di Melanesia ! Melanesia adalah tempat khusus di Pasifik yang memiliki sesuatu untuk semua orang. Kaya akan sumber daya dan dengan banyaknya orang yang kaya dan beragam budaya, adat istiadat, ritual, mitos dan legenda, negara-negara Melanesia yang layak dikunjungi.




 MITOLOGI MELANESIAN

Masyarakat Melanesia tidak memiliki jenis stratifikasi sosial khas Polynesia, di mana kaum bangsawan yang memiliki kepentingan dalam membangun keturunan mereka dari para dewa. Khas Melanesia, jika orang tersebut ada, tidak peduli dengan dewa hirarki juga tidak mitologi nya terungkap urutan penciptaan.

Di banyak bagian Melanesia, khususnya Hebrides Baru (Vanuatu), gangguan-gangguan Eropa berlangsung dengan campuran yang sama kebrutalan dan ketidakpedulian yang menandai proses lain di Pasifik. Di tempat lain, terutama di New Guinea, pertemuan itu lebih bertahap dan bahkan saat ini ada masyarakat terpencil di mana kontak tetap minimal. Dalam komunitas ini, cara hidup orang-orang yang telah hampir tidak tersentuh oleh cara orang Eropa, dan mitos mereka terus memperkuat ikatan yang rumit antara mereka dan alam di mana kelangsungan hidup mereka tergantung.

Namun sistem mitologi tersebut tidak statis; mereka mencerminkan perubahan sosial terbatas yang terjadi terus menerus di semua masyarakat tidak peduli seberapa terisolasi. Dalam banyak masyarakat Melanesia lainnya yang berada dalam masa transisi dan telah dipengaruhi oleh kontak dengan budaya sebagai sangat berbeda dengan Eropa, mitos memiliki peran yang dinamis sebagai aksesori untuk perubahan sosial. Upaya untuk menjelaskan orang-orang kulit putih datang dan budaya material atasannya sering didasarkan pada hal-hal mitologi kuno.

Sebelum kedatangan Eropa, pengetahuan Melanesia di dunia jarang melampaui tetangganya dengan siapa ia diperdagangkan dan berjuang. Di antara Arapesh semi-nomaden yang tinggal di pegunungan di sebelah utara Sungai Sepik, dunia samar-samar dianggap sebagai sebuah pulau. The Busama pesisir Teluk Huon melihat wilayah mereka sebagai pusat dunia yang berbentuk seperti piring terbalik, dan percaya bahwa siapa pun yang melakukan perjalanan di luar wilayah tetangga harus memanjat kubah langit yang "padat seperti ilalang".

The Trobian Kepulauan, yang pelaut baik dan mengambil bagian dalam ekspedisi perdagangan luar negeri yang luas, memiliki pandangan dunia yang lebih luas yang mencakup beberapa ratus mil persegi lautan yang mereka sebut Pilolu. Di luar ini, di sebelah selatan dan barat, adalah tanah orang dengan sayap dan orang-orang dengan ekor; ke utara mereka tahu samar-samar dari negara orang biasa - mungkin New Britain - dan tanah sangat berbahaya lain, pulau perempuan.

Setiap komunitas kecil memiliki cara unik sendiri dalam memandang dunia. Masing-masing memiliki Coterie sendiri makhluk mitologis yang namanya jarang dikenal di luar perbatasannya. Kelompok hybrid paling awal di Papua New Guinea, Papua, sebagian besar ditemukan di daerah barat pantai selatan New Guinea dan di bagian interior. Sebuah hamburan elemen Papua, termasuk bahasa, yang ditemukan di beberapa pulau-pulau terdekat serta di New Britain dan New Ireland dan Solomon Utara. Campuran Papuo-Melanesia mendominasi arah ekstremitas timur New Guinea dan kepulauan kecil tetangga. Yang lebih bergerak selatan lebih elemen mendominasi yang bisa disebut Melanesia, meskipun perbedaan dapat dibuat antara masyarakat pesisir dan semak.

Masyarakat Melanesia tidak memiliki jenis stratifikasi sosial khas Polynesia, di mana kaum bangsawan yang memiliki kepentingan dalam membangun keturunan mereka dari para dewa. Khas Melanesia, jika orang tersebut ada, tidak peduli dengan dewa hirarki juga tidak mitologi nya terungkap sebuah sekuen penciptaan. Jadi membumi dia bahwa dia mengabaikan hampir sepenuhnya lebih "tinggi" tema yang mengilhami mitos Polinesia dan Mikronesia. Dia tidak begitu banyak peduli dengan asal-usul semua orang seperti asal unitnya sendiri sosial, klan dan bagian atau totem nya. Pengetahuan ini menetapkan identitas dan mendefinisikan modus nya perilaku; menentukan siapa yang dia sebut saudara, dan orang yang dapat menikah dan orang-orang muda untuk siapa ia bertanggung jawab.